Dirjen HAKI Memiliki Peranan Sangat Penting


Dirjen HAKI memiliki peranan yang sangat penting bagi masyarakat khususnya pelaku bisnis modern agar memiliki keleluasaan dalam mengembangkan produknya yang sah berdasarkan hukum dan peraturan perundang undangan. Karena saat ini bisnis adalah sebuah aktifitas nomor satu di dunia yang mampu mengubah sebuah lingkungan menjadi lebih modern dan berkembang dengan lebih pesat. Maka dari itu, penting bagi anda yang bergelut dalam dunia bisnis dalam rangka branding agar sebuah merek atau produk mudah dikenal yang akhirnya mudah untuk mengembangkan bisnis dengan lebih luas lagi. Direktorat HAKI adalah salah satu yang memiliki wewenang untuk mengatur dan mengeluarkan sertifikat untuk sebuah merek yang didaftarkan. Jadi bagi anda yang telah melakukan bisnis dan telah memiliki merek, sangat disarankan untuk mendaftarkan kepada Direktorat HAKI agar anda sebagai pemilik merek memiliki hak paten atas merek yang anda miliki.

Dirjen HAKI di Indonesia mulai familiar belakangan ini di kalangan masyarakat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan pematenan merek yang dimilikinya. Padahal di luar negeri pematenan atas kekayaan intelektual ini sudah familiar di kalangan masyarakatnya sejak ratusan tahun yang lalu. Banyak alasan yang melatarbelakanginya tapi yang pasti kesadaran masyarakat akan hal atas merek dagang di Indonesia baru booming dan terjadi selama beberapa tahun belakangan ini. Perkembangan bisnis modern dan pertukaran produk dalam dan luar negeri menjadi pemicu pihak pihak terkait untuk mendaftarkan merk dagangnya. Maka dari itu Direktorat HAKI sangat penting untuk bisnis modern ini karena hanya Direktorat HAKI-lah yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan sertifikat hak atas kekayaan intelektual pemilik merek dengan segala penguasaannya atas merek tersebut. Jika ada pihak yang menjiplak, mengcofy dan melakukan pengembangan tanpa izin pemegang hak merek dagang, maka dapat terkena sanksi sesuai dengan regulasi hukum yang ada di Indonesia dan telah jelas dalam aturan Direktorat HAKI ini.

Untuk mendaftarkan merek dagang pada Dirjen HAKI tidaklah sulit, namun yang sulit adalah untuk pengesahan dan pencetakan dokumen yang biasanya memakan waktu lama, mulai hitungan berbulan bulan bahkan hingga hitungan tahun. Kecuali jika anda melakukan pendaftaran dengan mempercayakan kepada pihak yang memiliki banyak informasi tentang Direktorat HAKI, maka anda akan dengan cepat mendapatkan sertifikatnya. Tapi apapun langkah yang anda lakukan, tetap saja Direktorat HAKI adalah satu satunya yang mengelurakan pengesahan sehingga keberadaanya sangat penting untuk melegalkan merek dagang khususnya untuk bisnis bisnis modern. Jadikanlah Direktorat HAKI sebagai acuan untuk mendaftarkan merek dagang yang anda miliki karena hanya Direktorat inilah yang memiliki hak untuk berbagai hal yang berhubungan dengan merek dagang.

Postingan populer dari blog ini

Jasa SEO Terbaik Dengan Harga Murah

Jasa SEO Untuk Website Usaha Kecil