Mengenali Tanda Tanda Aksesoris Audio Mobil Daihatsu Xenia Yang Bermasalah

 Aksesoris Xenia telah didesain dengan seimbang antara fitur utama dengan fitur fitur pendukungnya sehingga jika ada hal yang tidak mendukung atau terjadi kesalahan suplai maka akan berekasi pada fitur utama ini. Reaksi tersebut dapat berupa rekasi yang langsung tidak berfungsinya fitur utama tapi ada juga yang bereaksi dengan perlahan sehingga untuk mengetahuinya anda harus mengenali gejala gejala yang terjadi. Hal seperti ini biasanya terjadi pada audio sistem mobil terutama pada mobil Daihatsu Xenia. Jika audio sistem ini bermasalah maka akan terasa gejala gejalanya terlebih dahulu dan anda harus dapat mengenalinya sehingga dapat diantisipasi sejak dini.


Adapun gejala yang biasanya menimbulkan masalah pada audio sistem sebagai aksesoris Xenia ini diantaranya :

  • Tegangan Aki Drop
Perhatikan suplai tegangan dari aki terpasok dengan sempurna, pasokan tegangan dari aki ke audio sistem ini dapat dipengaruhi oleh kapasitas air aki yang berkurang, bisa juga dikarenakan ground atau terminal pengisian yang longgar atau pengisian aki yang kurang.

  • Aki Berkerak
Terminal atau kepala aki yang berkerak dapat menyebabkan tegangan yang masuk berkurang sehingga akan mengganggu sistem kerja aki. Jika bagian pelindung meleleh yang dipengaruhi oleh panas kompartemen pada mesin maka main fuse atau sekring utama akan meleleh.

  • CD Player Rusak
Tanda tandanya dapat dirasakan ketika CD player lambat untuk membaca track lagu bahkan cenderung diam sehingga mengakibatkan CD player ini macet dan mengganggu operasional audio sistem.

  • Tombol Volume
Jika tombol volume ini tidak berfungsi, maka segera anda melakukan pengecekan kabel fleksibel karena biasanya jika tombol volume ini tidak berfungsi, hal ini terjadi akibat putus atau rusak pada bagian kabel fleksibel tersebut.

  • Kabel Ground RCA
Jika kabel ground RCA ini putus pada bagian head unit, maka akan muncul gejala noise atau storing muncul dari speaker.

  • Keluar Bunyi Sember Di Speaker
Apabila pada speaker terdapat bunyi sember atau kresek kresek hal ini bisa saja terjadi karena ada kotoran masuk pada magnet dan voice koil.

  • Suara Pincang
Jika terdapat suara yang tidak seimbang diantara speaker atau midrange bahkan mati, penyebabnya biasanya solderan konektor pada speaker terlepas.

  • Timbul Asap Pada Speaker
Timbulnya asap pada speaker biasanya diakibatkan oleh hubungan arus pendek yang mengakibatkan voice coil panas. Jika terjadi korsleting pada speaker maka kinerja power pun akan tidak maksimal bahkan menyebabkan malfungsi power pada amplifier.

  • Subwoofer Mati Total
Jika subwoofer mati total dapat dipastikan hal tersebut diakibatkan oleh voice coil terbakar yang diakibatkan oleh over power.

  • Distorsi
Distorsi ini terjadi pada saat suara subwoofer berbarengan dengan suara bass akibat sudah lemah atau ada kotoran pada magnet dan voice coil.

Itulah gejala gejala yang dapat ditimbulkan akibat aksesoris Xenia pada audio sistem mengalami trouble. Jika hal tersebut telah terjadi pada audio anda, segeralah perbaiki agar tidak menjalar ke bagian lainnya.

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jasa SEO Terbaik Dengan Harga Murah

Jasa SEO Untuk Website Usaha Kecil