Baju Muslim Boleh Modis Asalkan Tidak Melupakan Syari’at

Saat ini banyak sekali muncul berbagi model baju muslim yang modis, modern dan sangat bervariasi. Fenomena ini menjadikan muslimah yang menggunakan baju muslim terlihat trendy dan syar’i. Beberapa tahun yang lalu sempat terdengar sebuah wacana yang menyebutkan kalau wanita yang menggunakan jilbab terkesan kuno dan kurang gaul. Namun, dengan adanya inovasi model baju muslim saat ini, wacana tersebut sangat tidak benar, buktinya banyak wanita muslimah yang tetap tampil gaya dan modis tanpa melupakan kewajibannya untuk berhijab.

Tetapi, dibalik variasi dan model baju muslim yang muncul, hadir sebuah kekhawatiran kalau sampai baju muslim yang dibuat lebih mengedepankan mode dan melupakan aturan berhijab itu sendiri.

Agar Anda tidak salah memilih model baju muslim, maka perlu mengetahui beberapa hal yang harus dipertahankan saat berhijab, antara lain :

  1. Menutupi aurat
Aurat wanita sudah dijelaskan secara gamblang dalam al-quran dan hadits, yaitu seluruh tubuh, mulai dari rambut, kepala, hingga kaki, kecuali wajah dan telapak tangan. Jadi, pastikan model baju muslim yang Anda kenakan bisa menutupi aurat tersebut.

Kadang kita melihat seorang wanita yang menggunakan jilbab, menggunakan baju panjang hingga ke kaki, namun pada bagian leher dan dada tidak tertutup. Model ini kurang tepat dan sama sekali salah, karena walaupun secara umum model baju itu tertutup, tapi tidak memenuhi syarat yang benar tentang berhijab.

  1. Tidak transparan
Baju muslim yang benar adalah yang menutupi seluruh aurat dan tidak menampakkannya. Jadi, baju muslim yang transparan dan memperlihatkan bagian dalam baju belum bisa disebut baju muslim yang sesuai syari’at.

  1. Tidak menonjolkan bentuk tubuh
Bentuk tubuh wanita adalah aurat yang bisa memancing nafsu lelaki. Karena itu, model baju muslim yang tepat sesuai syari’at adalah yang longgar dan tidak terlalu ketat, karena pakaian yang ketat akan menonjolkan bentuk tubuh.

Demikian informasi tentang model baju muslim dan aturan berhijab sesuai syari’at Islam, agar bukan hanya gaya yang Anda tampilkan dari model baju muslim yang dikenakan, tetapi juga pahala karena telah sesuai dengan aturan agama yang dianut.

Semoga bermanfaat

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jasa SEO Terbaik Dengan Harga Murah

Jasa SEO Untuk Website Usaha Kecil